Pengalaman Buruk Belanja Online di Yes24 Indonesia

Follow my blog with Bloglovin

Sebelumnya gw klarifikasi dulu. gw nulis post ini bukan bermaksud menyudutkan/menjelek2an pihak tertentu karena punya hubungan tertentu dengan pihak lainnya. ini semua murni pengalaman gak mengenakkan yang gw alamin sendiri sebagai buyer/pembeli. ini fakta! (oke mulai lebay)

Hari Minggu 28 Juni 2015, gw pesan Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel di www.yes24.co.id , di webnya ada tulisan READY STOCK. tanpa pikir panjang langsung mesen deh soothing gel nya. Pada hari yang sama gw juga melakukan pembayaran, dan besoknya sudah dikonfirmasi oleh pihak yes24 kalau pembayaran diterima.



Gw seneng dong karena proses konfirmasinya cuma sehari kerja. udah seneng2 nunggu barang dateng paling cepet hari selasa atau rabu normalnya yaaa.

Hari Selasa, gw cek status order gw masih Persiapan Pengiriman. Oke lah, gw tunggu aja, paling besok mulai dikirim.

Hari Rabu, gw cek lagi, status masih belom berubah. mulai kesel dong gw, secara gw butuh banget si aloe vera ini buat muka gw yang lagi super dry. kalo gak butuh2 amat mah gw abaikan lah itu proses yang lama banget kaya gini, tinggal duduk manis nunggu paket datang dgn sendirinya. tapi kasusnya beda kaaaan. gw lagi butuh banget. kalau di mall2 ada counternya gw bela2in dah ke mall pulang kerja. masalahnya gw gak nemu konter Nature Republic loh. akhirnya gw email aja cs yes24 nya, berharap pesanan gw cepet2 diproses. boook, kalau hari rabu aja masih dalam persiapan, kapan bener2 dikirimnya, kapan sampai di tangan gueeeee. ini ready stock loh, READY STOCK!
Saking desperatenya pengen cepet2 dikirim, email ke cs pakai bahasa apapun yang bisa dimengerti mereka hahahaha. fyi yang gw maksud "barang yg udah gw terima" di gambar adalah barang lain, bukan nature republic juga :p
Hari Kamis 2 Juli 2015, cek email gak ada balasan. cek status order masih Persiapan Pengiriman. akhirnya gw telpon csnya langsung. dan jawaban yang gw dapet sama : masih persiapan pengiriman. hah pret, ready stock apaan.
Liat deh lingkaran warna merah digambar. Sampai tanggal 8 Juli 2015 barang gw belom dikirim! ALAMAK!
Setau gw ya, yang namanya ready stock itu, barang siap kirim begitu order diterima. gw gak mau tau dong itu barang pada waktu gw pesen posisinya ready stock di yes24 kah atau ready stok di merchant kah. gw sebagai pembeli, begitu dijanjikan dengan kata READY STOCK ya pasti berharap barang diterima maksimal 1 minggu, apalagi alamat pengiriman gw di Jakarta! seumur2 gw transaksi beli online, seminggu itu waktu paling lama. rata2 3-4 hari barang langsung diterima. nah begitu pada hari ke4 gak ada tanda2 kalau barang gw mau dikirim, ya marah dong gw. salah kalau gw marah? salah kalau gw komplain kaya gini? Enggak! kalau dibilang gak sabar, emang bener gw pada waktu itu diharuskan pada posisi gak sabar karena dituntut kebutuhan. bisa aja toh gw sabar nunggu, kalau gw gak butuh barang itu. tapi kalau dibilang benar atau salah, jelas gw mengklaim posisi gw di pihak yang benar. toh juga buktinya pada saat gw nulis post ini, hari Rabu 8 Juli 2015, status order gw belum berubah: masih Persiapan Pengiriman! gelaaaaak banget, kapan dikirimnya ke gw cobakkk huh!
Status barang di website Yes24 per tanggal 8 Juli 2015 : READY STOCK
Untung aja gw nemu produk yang sama di Qoo10 Indonesia, dan diliat2 dari review orang2 yang beli disana trusted seller lah. harganya emang lebih mahal sedikit sih dibanding Yes24. tapi karena waktu itu gw lagi kesel, dan kulit muka gw yang kemerahan gak bisa nunggu, akhirnya gw pesen ulang produk yang sama di Qoo10 hari Kamis (2/7) sore dan langsung gw bayar. hasilnya? Sabtu (4/7) siang barang udah dateng ke rumah gw tuh. SABTU ya dicatat. PESAN KAMIS SORE, SABTU SIANG BARANG DITERIMA. helooooo Yes24, do you read this?

Teruntuk Yes24 Indonesia:
Siapapun yang kebetulan baca post saya ini, please gak usah kasih embel2 READY STOCK kalau emang barangnya GAK READY. saya mau kok toh kalau memang harus PO (kalau gak ada pilihan online store lain, tapi secara banyaaaak kan yang jual produk ini, best seller juga jadi yaaaa...hmmm). seenggaknya saya tau kalau saya harus nunggu untuk dapatkan barangnya. gak seperti pengalaman saya sekarang, saya dijanjikan READY STOCK tapi barang belum saya terima sampai saat ini. entah mungkin kalian kekurangan orang buat bungkusin produk dan kirimin ke jne/tiki atau gimana. atau mungkin karena bulan puasa jadi pegawai kalian udah pada mudik semua, yang jelas pelayanan bener2 mengecewakan. -______________-

update:
paket diterima setelah libur Idul Fitri 2015. satu bulan setelah order. ohkay. anggep aja mungkin si Yes24 Indo ini selama ramadhan sampai Idul Fitri libur -_- gak lagi2 deh beli di sini~

Comments

  1. oh ya mba menurut saya juga walaupun diwebsite yes24nya itu tulisannya READY STOCK mungkin yg dimaksud READY itu READY DI KOREANYA BUKAN DI INDONESIA, mbanya baru pertama kali beli di yes24 ya? kalaupun iya harusnya mba bisa sabar mba tau kan NATURE REPUBLIC NYA ITU IMPORT DAN SUDAH JELAS DITULIS "BARANG IMPORT MIN. MENUNGGU 2-3 MINGGU" ya jadi mohon pengertiannya dan seharusnya mba baca syarat2 sebelum membelinya trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory ya mbak.. waktu aku beli di situsnya ditulis : Mohon perhatikan status ready atau import. Di judulnya jelas2 Ready Stock, bukan Import. Harusnya ready di Indonesia, bukan ready di korea. Kalau ready di korea ditulis Import/PO.
      Coba dibedakan apa itu Ready apa itu Import/PO.
      Saya sebelumnya juga udh beberapa kali beli di yes24 kok, dan di ol shop lain.
      Dan di ol shop mana pun juga yg namanya Ready Stock ya pasti ready di gudang si penjual (online shop/merchant).
      Semoga pengalaman saya juga gak menjadi pengalaman mbak yah :"

      Delete
  2. Aku juga mengalami hal yang sama mbak..
    Bilangnya ready, tapi pas habis bayar, CS nya bilang kalo itu sebenarnya produk PO, dan baru bisa dikirim 2-3 minggu kemudian.

    Emang sih lebih murah, tapi nggak bisa dadakan kalau belanja disana.

    Ready stock nya kayaknya emang ready stock di Korea (ini menipu pembeli aih sebenarnya ��, termasuk saya).

    Mungkin saking gedhenya toko ini juga kali yaa.. sampai lupa update status produk ready atau PO. Jadi kayak menjebak pembeli dengan embel-embel "ready stock".

    Emang agak mengecewakan belanja di Yes24.

    ReplyDelete
  3. Web kacau....tulisannnya ready stock, nunggu beberapa hari ternyata stock habis dan dana akan di refund.
    eh nunggu 12 hari pula, terus capek pula konfirmnya semua by email
    bandingkan sama BL atau TOPED, semua udh ada notifnya langsung di app android
    kapooook belanja di yes24

    ReplyDelete
  4. Web kacau....tulisannnya ready stock, nunggu beberapa hari ternyata stock habis dan dana akan di refund.
    eh nunggu 12 hari pula, terus capek pula konfirmnya semua by email
    bandingkan sama BL atau TOPED, semua udh ada notifnya langsung di app android
    kapooook belanja di yes24

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Saya sudah berapa kali belanja di yes24, emg harus sabar klo sama yes24, kyk kemarin pesen readystock wdressperfumme ajah seminggu baru diproses.

    Emg mereka sepertinya prosedurnya lelet bin ajaib.

    Tapi yg salut buat yes24, CS mereka helpfull bgt. Saya pernah rencana mau beli gantungan kunci boneka beruang. udah nunggu hampir 2 bulan barangnya dtg eh nongol cuman kepala doang. MARAH2 LAH SAYA DI EMAIL KE CSNYA.... trus akhirnya setelah direplay bbrp kali (itupun pake lama 2-3 hari) akhirnya dibilang dari pihak koreanya yg salah. Jadi uang akan dikembalikan ke pembeli. Ya sudahlah... krn uang dah balik, barang ttp dipegang ya ga complain. Balikinnya jg lama hampir 1 bulan baru kembali. Tapi yg penting kan niat baiknya... jadi jgn kapok juga belanja di YES24 (tapi memang aku ga pernah belanja kosmetik disana sih... soalnya aga ribet) dan klo ada masalah, bisa contact ke CSnya.

    ReplyDelete

Post a Comment