Operasi Gigi Geraham Bungsu di RSKGM FKG UI

Berawal dari kunjungan pertama gw ke RSKGM UI yang waktu itu cuma dapet nge-rontgen panoramik karena kesiangan berangkat ke sananya hahaha, akhirnya gw memberanikan diri berbulan-bulan berikutnya untuk melakukan operasi gigi geraham bungsu. Jadi ceritanya setelah di-rontgen baru ketahuan ternyata gigi geraham bungsu gw numbuhnya horizontal dan masih ada di dalem gusi, jadi gak mau keluar. Nah saran dokternya harus dilakukan operasi untuk keempat-empatnya, karena kalo gak operasi nanti tiba2 sakit atau bisa bawa penyakit lainnya. Akhirnya gw mutusin untuk operasi satu-satu dulu di RSGM UI karena alasan lebih murah dari rumah sakit biasa hahahah.

Kali ini gw gak mau melakukan kesalahan, jam 8 lewat 5 menit gw udah nyampe di Salemba, trus langsung ke bagian pendaftaran. Ditanyain mau apa, gw bilang aja mau konsul operasi mbak, kira2 bisa langsung operasi atau konsul dulu? gw tanya gitu mana tau hari itu gak bisa langsung operasi karena harus puasa dulu atau ada pengecekan dulu. Etapi kata mbaknya bisa langsung operasi kok. Gak lama nunggu di ruang tunggu trus gw dipanggil masuk ke ruang pemeriksaan. Di sana gw diperiksa sama dokter cewe, langsung bilang mau operasi dok sambil gw kasih hasil rontgen yang dulu. Setelah diperiksa diputusin kalo gigi geraham kanan bawah dulu yang dioperasi, karena sebenernya gw gak ada keluhan sakit atau nyeri. Jadi operasi ini murni tindakan pencegahan aja (ceilah hahaha).

Setelah dari ruang pemeriksaan, gw dipanggil ke ruang bedah mulut yang isinya dokter2 muda kece yang lagi residen hihihi. Ternyata gw disana harus nunggu lama karena ruang operasinya ngantri :( ternyata gak cuma gw doang wkwk. Dokternya trus ngasih tau komplikasi yang mungkin muncul pasca operasi, kaya mati rasa permanen di daerah pipi. Agak serem juga sih hiii, tapi begitu tau lebih parah lagi akibatnya kalo gigi gw gak dioperasi, mending operasi lah hahaha. 

Jam setengah 11 gw baru dapet ruangan operasi. Bibir sama gusi gw trus diolesin betadin sebagai antiseptik katanya. Gw dipakein kain khusus operasi gigi yang cuma ada lobang di bagian mulutnya doang. Bersyukur banget karena mata gw ditutup, gak sanggup liat darah sama bor gigi :( Setelah itu gw disuntik bius lokal. Gak sakit ternyata pas disuntik hahahaha. Abis itu si dokter bilang, kita mulai ya, dan gw gak berasa apa2 pas dokternya ngebelek gusi. Intinya gw gak tau si dokter lagi ngapain karena gak berasa sama sekali, bahkan gw takut kalo ditengah jalan tiba2 gw ketiduran wkwkwk.

Dari perbincangan yang gw denger antara si dokter ama asistennya, ternyata gigi gw susah diambil gara2 nyangkut, mesti dibor, dipotong2. Ngeri sih kalo denger suara bornya, tapi ini juga gak berasa sakit. Cuma berasa aja kalo gigi keteken-teken. Entah sekompleks apa posisi gigi gw, proses pengeboran dan pemotogan lama banget. Sampe ada satu residen lagi yang masuk ke ruangan operasi bantuin dokternya. Abis pemotongan gigi selesai kayanya gigi gw dicabut pake tang. Kayanya susah sih, gw berasa aja si dokter pake tenaga gitu nyabutnya wkwkwk. lah gw kira kalo gigi di dalem gusi tinggal belek gusinya trus ambil giginya effortless gitu eh ternyataaaa keras toh nyabutnya.

Setelah berhasil ambil gigi yang mendem di gusi, trus dijahit. Selesai deh. gw liat jam ternyata jam setengah 12, pantes pegel banget rasanya mulut wong sejam mangap terus hehe. Setelah itu gw dianter ke tempat pendaftaran lagi buat bayar operasi sama nebus obat. Operasinya itu sendiri untuk 1 gigi cuma menghabiskan 650ribu hoho, kalo obatnya 162ribu, total 812ribu.

Sampe rumah gw ganti kain kasa yang gw gigit sambil langsung minum obat pereda nyeri, takut banget kalo sakit hahaha. Obat biusnya sendiri abis sekitar jam setengah 4, karena gw pegang dagu gw udah gak kerasa kebal lagi. Dan selama itu gw udah makan trus minum antibiotik. Alhamdulillah nyeri dikit doang. Masih lebih kesakitan nyeri datang bulan kalo gw mah hahaha. tapi berasa banget badan pegel-pegel, ngantuk, dibawa tidur tapi gak bisa hahaha.

Hari Ke-2  

Alhamdulillah gak ada rasa sakit, pendarahan juga udah berenti. tapiiiii bengkak gw tambah gede :( kalau pas hari pertama disuruh kompres pake air dingin, mulai hari kedua udah pakai air hangat. baca-baca di internet sih paling parah bengkak pas hari ke-3 huhuhu. tapi yang bikin bingung, kenapa gw dikasih obat penahan nyeri dan bengkak cuma buat 3 hari ya? 

Hari Ke-3

Gw merasa bengkak di pipi mulai kempes dikiiiit, padahal ekspektasi gw hari ini tambah parah bengkaknya ternyata mulai kempes hihi. Sementara itu obat pereda nyeri dan bengkaknya udah abis, tinggal antibiotik. semoga besok gak sakit :( Oiya selain bengkak, bibir gw juga jadi kering parah sampe item gitu. entah kalo orang lain gini juga apa cuma gw. bikin inget waktu bibir gw kering kerontang item bengkak tahun lalu :( apa gw alergi sama obatnya? atau karena waktu pertama kali minum antibiotiknya digerus? atau emang bibir gw yang aslinya kering jadi tambah kering?

Hari Ke-4

Yeay bengkaknya udah kempes jauuuuh dibanding hari ke-2, yah masih keliatan bengkak dikit, tapi udah hampir balik ke pipi normal. alhamdulillah juga bibir udah gak kering2 banget karena tiap hari gw olesin minyak zaitun yang evoo (extra virgin olive oil, karena sengaja gw menghindari kosmetik kaya lipbalm), trus pas mandi di-scrub dikit, ilang deh bagian yang mengering. hari ini juga mulai kumur2 pake obat kumur, tapi makan masih bubur :( 

Hari Ke-5

Hari ini udah mulai makan nasi haha bosen sama bubur. Bengkak masih ada dikit, semoga besok udah ilang hhe. Oiya antibiotiknya habis hari ini. Semoga gak ada komplikasi apa-apa setelah operasi. Aamiin..

Hari Ke-6

Bengkak kecilnya di sekitar gigi masih belum kempes, tapi kalo ngaca gak keliatan bengkak sih hahaha :( 

Hari Ke-7

Hari ini ke rsgm ui lagi buat lepas jahitan. Kata dokter hari ini udah boleh lepas jahitan, padahal gw kira besok haha. Sampe sana tiba2 ada dokter yang menghampiri nanya, mau lepas jahitan ya. Duh gw kecewa karena bukan dokter gw yang awal :( trus gw nanya kan, bisa gak kalau antibiotiknya diganti sama yang merk lain karena kegedean gw kesusahan nelen. Trus dokternya nanya kenapa gak bisa nelen. Gw bengong, gw jawab kadang gak bisa dok kegedean. Dokternya nanya lagi, iya kenapa gak bisa? Duh, ini dokter bukannya memberi solusi malah balik mengkonfrontir pasiennya :( trus dia nanya operasi hari apa. Gw jawab kamis dok. Kata dia, oh harusnya besok nih dicabut kok sekarang. Gw jawab aja, kata dokter F (dokter awal gw) udah bisa cabut sekarang dok. Trus tiba2 dokter F dateng hihi ternyata baru selesai kuliah. si dokter pengganti langsung berdiri, tuh F pasienlo, lo yang lepas jahitannya. Yesss akhirnya ama dokter baik lagi huhuhu. Emang dokter gw terbaik deh :"

Proses lepas jahitan itu sendiri ternyata lebih perih dari proses operasinya. Mungkin karena kali ini gak dibius. Tapi cepet banget si dokter tiba-tiba udah selesai nyabut benang. Dari jumlah benang yang berhasil dicabut dokter, kayanya kemarin gw dapet 2 jahitan saja hahaha. Setelah cabut jahitan kata dokter boleh makan makanan normal lagi. Akhirnya :"""


Jadi, bagi kalian yang menunda-nunda buat operasi gigi geraham bungsu karena takut, percaya deh prosedur operasinya gak nakutin kok. gak berasa sakit juga, soalnya kan dibius. dan alhamdulillahnya pasca operasi juga gak berasa nyeri sama sakit berlebihan. (believe me, bahkan lebih sakit nyeri haid daripada ini lol). yang butuh kesabaran lebih justru proses penyembuhannya. mesti dikontrol pendarahannya, bengkaknya bikin gak nyaman diliat, mesti jaga kebersihan mulut, mesti minum obat tiap hari, bibir jadi kering, daaaan cobaan terbesar adalah gak bisa makan makanan normal :(

Comments

  1. Wah kita berbeda yah sis, kamu sakit waktu lepas jahitan, kalo aku malah sakit setelah operasi selesai & gigit kapas, disitu aku sampe nangis2 kesakitan LOL, lepas benang malah ga berasa apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah gak sakit sampe pusing2 gak bisa makan gitu hhe

      Delete
  2. Aduh kok serem ya sis baca nya.. Saya juga sama belum tumbuh gigi bungsu,, tp apa ia hrus jalanin operasi x_x

    ReplyDelete
  3. Hi.. Saya juga punya pengalaman yang sama cabut gigi geraham belakang akibat giginya tidur (waktu itu saya copot atas bawah sebelah kiri) dalam satu waktu. Alhamdulillah, ga sakit saat proses. Saat operasi juga sama, giginya harus dibelah karena kegedhean, tp ga sakit. Pasca operasi juga ga painful. Karena dokternya uda pesan, harus diberaniin buka mulut paling ga beberapa jam setelah operasi. Ibarat kata, mulai berlatih 'mangap' kecil kecil. Tapi waktu itu sempet kelewatan mangapnya, karena menguap, haha, rasanya kaya ketarik dikit, tapi Alhamdulillah aman tentram damai :). Proses membaik dari operasi hingga kembali sehat sebagaimana semula kira-kira 1.5 mingguan lah. Uda tentram.

    Lalu lanjut cabut gigi tidur sebelah kanan di kampung halaman. Kali ini berbeda 180 derajat. Sangat menyedihkan, sakitnya minta ampun, sampe ortu yang anter cabut gigi, berasa mau melarikan anaknya saat tengah2 operasi. Karena ga kuat sakitnya, akhirnya dicabutnya cuman yang bagian bawah aja. Yang atas masih tersisa hingga kini. Proses cabut gigi di kampung halaman hingga keadaan membaik sedia kala kira-kira hampir 2 bulan. Jauh banget kan bedanya. Hehe...

    Buat yang harus cabut gigi bungsu yang tidur, bisa direkomendasikan lah yang di klinik gigi UI dengan dokter gigi spesialisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai..aku juga lagi mikir2 nih mau cabut yang sebelahnya, trauma sama after effectnya dioperasi. jadi waktu itu aku sempat keluar nanah dari dalam gusi karena katanya makanan suka masuk ke bekas jahitan :(
      alhasil aku sering bolak balik fkg ui cuma buat di 'kuras' gusinya untuk keluarin nanah. terakhir graham atasku agak di'kikir' sedikit supaya gak bersentuhan dengan gusi bekas graham bawah supaya gak ada sisa makanan nyangkut. alhamdulillah setelah itu sembuh :)

      Delete
  4. Mbakk, berasa dapet rejeki baca post ini. Aku emang lg cari operasi geraham bungsu yang agak murah. Di RS deket rumah kisaran 2.5-3 juta per 1 gigi. Itu kalau awal datang lgsg ke SPBM atau dokgi dulu ya? Soalnya aku udh ke dokgi dan memang disarankan dicabut karena sisa akarnya doang. Dan di FKG UI itu harus telfon untuk daftar atau datang lgsg bisa?

    Terimakasih yaa mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Mba, kalo rontgen panoramic nya bisa di RSKGM UI nya yah? Atau kalao ngga bisa, mba dimama rontgen panoramic nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rontgen panoramicnya juga di rskgm...

      Delete
  6. Sist bisa minta kontak yg bisa dihubungi? Medsos mungkin. Mau operasi gigi bungsu soalnya

    ReplyDelete
  7. Sis rencana Senin depan aq juga mau cabut gigi geraham belakang.. boleh tau nama dokternya gag ? Siapa tau bisa dpt dokter itu

    ReplyDelete
  8. Enak banget kalo yang ga berasa sakit waktu operasi...
    Ak sampai nangis n minta ditambah biusnya karena berasa sakit banget.
    Masih ada gigi bungsu kanan yang tumbuh horizontal mesti dioperasi juga, tapi takut..
    Kalo pasca operasi cuma cenut-cenut sebentar

    ReplyDelete
  9. moleg minta kontak dokternya?

    ReplyDelete
  10. duh emg lg nyari info bgt nih soal bedah ggi bungsu, susah nyari yg pelayanan ny ok tp harga bersahabat, mahal smua yg ak dapet, klo sekarang brp y?mau dong info ny dokter ny jg

    ReplyDelete
  11. Kalo aku sakit di suntiknya, dokter nya emang bilang sakit disuntiknya kalo di operasi enggak, dan karena udah kena akarnya aku disuntik sampe berkali kali ada 4 kali mungkin soalnya kalo setiap bor giginya sakit itu yang bikin serem pas jahitnya biasa aja. Dan kakak atasnya juga di cabut tidak ? Aku tidak bermasalah yang atas tapi harus di cabut karena bisa turun karena tidak ada lawan..

    ReplyDelete

Post a Comment