Berkunjung ke Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut FKG UI

Akhir-akhir ini gw sering tergoda buat pasang behel, walau sebenernya udah cukup suka sama kondisi gigi yang sekarang. Tapi menimbang gigi bawah yang gak rapi dan saling numpuk, terus gigi taring atas agak numbuh diatas, kalau lagi foto agak gak nyaman juga diliatnya hmm.

Tergoda buat ke OMDC pasang behel, bayangin aja pasang metal braces 4,2jt atas bawah dengan harga tiap konsultasi sekitar 150rb-an kan menggoda bangettt, mana kliniknya lucu nge-pink semua :O tapi apa daya, tekad masih belum bulat hha. Sempet googling kalau mau pasang braces dianjurkan untuk pasang di drg spesialis orthodonti. dan katanya di OMDC dokter gigi nya belum ada yang Sp.Ort alias masih dokter gigi umum yang belum punya gelar spesialis. Tapi buktinya banyak aja tuh yang pasang behel di sana, baik2 aja. heuheuu terus aku bingung :")

Jadinya gw memutuskan untuk 'ngebenerin' gigi dulu secara masih banyak yang berlubang di RSKG FKG UI. kebetulan gw sering ngelewatin RSKG ini pas mau les di LBI UI Salemba, karena letak gedungnya ada di sebelah LBI. sayangnya RSKG cuma buka Senin-Jumat doang hiksss.

Sehari sebelumnya gw udah niat dateng ke Salemba nyampe sana jam 8, karena pendaftaran pasien cuma buka dari jam 8-11, sedangkan RSKG nya sendiri tutup jam setengah 2. jadi lebih pagi lebih baik. namun niat hanya jadi wacana hahahaha. karena mager banget pagi-pagi keluar rumah, akhirnya nyampe Salemba jam 10 huohuoo. Trus gw langsung ke bagian resepsionisnya untuk pendaftaran pasien baru, kena biaya admin 15ribu. enaknya dateng jam 10, nyampe sana gak rame (atau mungkin gw salah satu pasien terakhir wkwkwk), 5 menit nunggu langsung dipanggil ke ruang konsultasi. Jadi di ruang konsultasi ini kita diperiksa keluhan kita apa sama dokter gigi nya (iya dokter gigi kalau gak salah sih, bukan residen atau dedek2 koas. soalnya di pintu ruangannya ada plakat nama dengan gelar drg.) gw bilang mau nambel gigi2 yang bolong dok, kalau bisa dikerjain sekaligus hari itu lebih baik hahaha. ada satu gigi yang bolongnya gak keliatan tapi gw kekeuh kalo makanan sering nyangkut disana wkwk, dokternya gak yakin beneran bolong atau masih bisa dibersihin pakai floss, yaitu gigi geraham atas yang paling belakang. Akhirnya gw disuruh ronsen gigi di gedung Integrasi.

Gw memutuskan untuk ronsen gigi dental dan panoramik. kalau yang dental itu ibaratnya ronsen hanya gigi tertentu aja yang mau diambil tindakan. kalau panoramik itu ronsen semua gigi kita. gw sengaja ambil yang panoramik juga karena pengen tau kondisi gigi bungsu, kenapa sampai umur 24tahun ini masih belum muncul juga hahaha. untuk yang dental dikenakan biaya 15rb, sedangkan panoramik 60rb. murah banget banget banget kalau gw bilang. Dulu gw pernah perawatan saluran akar (PSA) di dokter gigi deket rumah karena gigi gw waktu itu udah parah banget bolongnya sampai kena saraf dan harus diambil sarafnya hiiiii. gw gak tau kalau itu dokter gigi di benhil mahal banget. waktu itu gw bolak balik berkali-kali untuk ronsen, tambel, dan cabut saraf ada kali tiap dateng kesana abis 1jt heollllll. gw sih waktu itu gak tau buat apa aja biayanya bukan gw yang bayar juga hahahahaha.
Foto Panoramik gigi di RS FKG UI
foto panoramik
Abis dari tempat ronsen di gedung Integrasi yang letaknya ada di belakang gedung dimana ruang konsultasi berada, gw balik lagi ke ruang konsultasi untuk ngasih hasil foto ronsen. dokternya ngejelasin kalau ternyata gigi yang gw keluhkan itu sebenernya belum bolong, cuma potensi bolong ada karena memang posisi tumbuh giginya memungkinkan untuk makanan nyelip, jadi harus rajin2 ngebersihin pakai floss kalau nyangkut. dokternya juga ngejelasin kalau gigi bungsu gw udah gak memungkinkan untuk keluar karena udah berenti numbuh, alias si gigi bungsu mendem di dalem gusi karena gak ada ruang buat keluar, dan kalau tiba-tiba nanti sakit karena posisi numbuh gigi bungsu yang bawah itu horizontal siap2 aja untuk operasi kecil cabut si gigi bungsu :O gw juga sempet nanya kalau pasang behel di sana kena berapa, katanya sih sekitar 5,5jt. tapi setelah tau kondisi si gigi bungsu ibarat bom waktu, yang gw gak tau kapan nanti tiba2 sakit, gak tau nantinya bakal sakit atau gak kecuali gw operasi cabut gigi bungsu (yang mana itu kayanya juga sakit banget), gw urungkan lagi niat buat pasang behel sampai waktu yang belum ditentukan hahahaha. karena logikanya aja gigi bungsu gw gak punya tempat lagi buat dia keluar, kalau gw pasang behel, gigi2 yang lain juga gak punya ruang buat bergerak kecuali ada gigi yang dicabut :((( dan gw gak mau cabut gigi kalau si gigi gak bermasalah karena gw takut cabut gigi hahaha sepertinya hal yang sangat menyeramkan :(

Gak mau sia2 karena gak jadi nambal gigi geraham atas, si dokter nyaranin untuk tambal gigi depan dan geraham bawah karena udah mulai bolong. gw disuruh ke Ruang Integrasi 1, di gedung yang sama dengan tempat ronsen yang tadi. Di sana ada banyak banget orang2 yang lagi dikasih tindakan sama dedek2 koas yang pakai baju biru. 5 menit kemudian gw dipanggil dan langsung menuju ke tempat tidut untuk tindakan. karena gw sampai sana udah jam 12 siang lebih, dikasih tau sama dedek2 koas kalau dosennya udah pergi seminar dan dia gak berani ambil tindakan kalau gak ada dosennya. dia nawarin untuk pemeriksaan umum dan scaling aja. tapi karena gw bulan kemarin udah scaling jadi acaranya cuma pemeriksana umum aja alias ngobrol hahaha. jadi hari itu gw kesana cuma ngeronsen gigi doang :(

Kesimpulannya, kalau mau ke RSKG UI lebih baik pagi2 banget guys, karena sepengamatan gw sih jadwal mereka efektifnya ya pagi2. diatas jam 12 udah kaya sisa2 pasien yang belum selesai tindakan aja :( dan ngeliat koas2 sana kece2 banget hampir semua pakai behel, jadi kepengeeeeen :(((

Baca juga: pengalaman operasi gigi bungsu gw di RSGM FKG UI disini.

Comments