JYJ - SM Entertainment Legal Battle : Brief Summary (END)

Seperti yang kita tau, kasus hukum antara SME dengan JYJ (Jaejoong, Yoochun, Junsu), akhirnya setelah sekian lama (3,5 tahun boook kasus ini gak selesai-selesai -.-), berakhir tepatnya tanggal 28 November 2012 kemarin. Nah, disini gue cuma mau ngeringkas semua kejadian dari awal mula gugatan itu muncul sampe kasus ini berakhir. Gak ada tujuan tersembunyi kenapa gue ngepost ini, gue cuma mau nge-share apa yang pernah gue baca soal kasus ini aja. Secara pribadi gue penasaran apa sih penyebab pecahnya DBSK/TVXQ. Karena gue orangnya rada kepo akhirnya gue baca blog-blog orang plus media soal kasus ini, dan ternyata kasusnya ini rumiiiiit bin panjang sodara-sodara gue aja sampe pusing bacanya :(

note : I'm not SM stan or Cassie or OT5 or JYJ stan or whatever you call it. I'm just a person who enjoy KPOP musics including DBSK and JYJ songs and care about them and all the things happened. Just to let you know in case you might judge me based on what I write below. I'm just trying to summarize, no intention to put some opinions.

note : I'm trying to collect few past articles or posts regarding this matter from both sides, i'm trying tho ^^


The Lawsuit

1. JYJ mengklaim bahwa kontrak mereka dengan SM tidak adil karena adanya kontrak jangka panjang dan pembagian pendapatan yang tidak wajar.

2. SM mengklaim bahwa semua masalah yang terjadi (termasuk poin no.1) terjadi karena bisnis kosmetik yang dijalankan JYJ pada waktu itu dan bahwa kontrak tersebut wajar/adil.



31 Juli 2009 : diajukan oleh JYJ kepada SM
hakim menyetujui penghentian sementara kontrak (Temporary Contract Injunction) sampai dengan gugatan yang sebenarnya diajukan, sehingga mereka dapat melanjutkan dengan kegiatan mereka tanpa campur tangan SM.

12 April 2010 : diajukan oleh SM kepada JYJ
gugatan untuk memverifikasi keberadaan kontrak eksklusif (to validate the contract) dan menuntut kompensasi sebesar 2,2 miliar Won kepada JYJ atas kerugian yang timbul karena masalah ini.

25 Juni 2010 : diajukan oleh JYJ kepada SM (gugatan sebenarnya sbg dimaksud pada tgl 31 Juli)
gugatan untuk memverivikasi ketidakberadaan kontrak eksklusif / to void the contract (bahwa kontrak eksklusif tersebut tidak valid dari awal, karenanya kontrak tersebut tidak ada).


The Exclusive Contract

read the full exclusive contract in english here. if you want to download the original contract, simply click "09ì¹´í•©2869.pdf" http://seoul.scourt.go.kr/dcboard/DcNewsViewAction.work?seqnum=6353&gubun=44

1. Kontrak berlaku pada saat kontrak ditandatangani oleh artis, dan akan berakhir 13 tahun setelah artis tersebut merilis album pertama.

2. Pembagian pendapatan yang tertuang dalam kontrak, selengkapnya di sini atau dari artikel yeppopo (b.indo). (sebenernya mau langsung ditulis tapi panjang banget ><)

3. Ketika artis melanggar ketentuan kontrak ini, artis harus membayar sejumlah kompensasi kerugian, dan ketika tindakan artis atau situasi yang disebabkan oleh artis tsb berdampak pada kegiatannya, artis ybs bertanggung jawab penuh. Perusahaan dapat menghentikan kegiatan artis apabila kegiatan tersebut sulit untuk dilanjutkan, dan artis harus membayar ganti rugi kepada perusahaan. (pembayaran ganti rugi tidak mengakhiri kontrak.) note : detil berapa jumlah kompensasi kerugian yang harus dibayar terlampir. lagi, panjang banget cyiiiiiinnnnn gak kuat nulisnya >< yang jelas poin ini termasuk dalam 3 poin yang dimaksud di bawah ^^.

Pada bulan Desember 2010 SM mengubah 3 poin (via.truetvxq) (via.jyj3) dari keseluruhan kontrak tersebut berdasarkan arahan dari Korean Fair Trade Commission.
link berita:

"Kontrak yang berlaku selama 13 tahun setelah penandatanganan kontrak atau 10 tahun setelah debut direvisi menjadi 7 tahun setelah debut."

Sementara itu, klausul pembagian pendapatan yang tertulis dalam kontrak tidak mengalami perubahan karena Korean FTC tidak memerintahkan SM untuk mengubahnya. 


The Cosmetics Bussiness

SM mengklaim bahwa akar dari semua masalah yang terjadi adalah karena bisnis kosmetik yang dijalankan JYJ. Diketahui bahwa pada tahun 2008 JYJ secara personal-dan keluarga mereka- berinvestasi dalam produk kosmetik bernama CreBeau dengan kepemilikan sebesar 62.5% (verified based on Korean DA's investigation), dan SM mengklaim bahwa JYJ menyalahgunakan nama TVXQ/DBSK dalam penjualan produk kosmetik tersebut. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa SM sebelumnya telah memberikan izin kepada JYJ tentang bisnis kosmetik ini.
muncul wajah Yunho dalam iklan produk CreBeau

Pada tanggal 1 November 2009, Yunho dan Changmin (Homin) mengeluarkan statement tentang keikutsertaan JYJ dalam bisnis kosmetik tsb (link).

Dalam statement tsb Homin mengajak JYJ kembali bergabung dalam TVXQ agar kelimanya dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa. Homin memberikan pernyataan bahwa keadaan berubah ketika JYJ melakukan bisnis kosmetik. Jika bisnis tersebut wajar maka seharusnya perusahaan kosmetik tersebut harus berdiskusi terlebih dahulu dengan SM apabila ingin melakukan bisnis dengan TVXQ. Namun perusahaan kosmetik tersebut hanya melakukan pendekatan personal kepada seluruh anggota TVXQ tanpa campur tangan SM. Homin tidak yakin dengan perusahaan kosmetik tsb jadi hanya JYJ yang berinvestasi di sana. see full english translation here.


The Trials/Court Hearing


Persidangan berlangsung di Pengadilan Distrik Seoul.


16 November 2010

Perwakilan dari SM Entertainment dan JYJ menolak untuk mengubah sikap. Perwakilan dari SM menyatakan, “Periode kontrak 13 tahun TVXQ tidak dapat dihindari jika mereka memang ingin masuk ke pasar asing [pasar internasional-red].” Sedangkan perwakilan JYJ menyatakan “Periode kontrak itu sendiri diputuskan tanpa meminta pertimbangan para anggota TVXQ.”

SM : terkait masalah kontrak yang tidak adil, SM berpendapat bahwa TVXQ selalu mendapatkan perlakuan terbaik jauh melebihi artis lain di industri yang sama. JYJ tidak pernah keberatan mengenai kontrak tsb pada saat debut hingga akhirnya timbulnya kasus ini.

JYJ : kontrak TVXQ tidak sah dari awal karena ada klausul-klausul yang tidak adil (pembagian pendapatan, lamanya waktu kontrak, biaya ganti rugi yang memberatkan). JYJ menolak memberikan kompensasi berdasarkan kontrak yang tidak sah.


7 Desember 2010
SM : 
Masalah-masalah antara SM dan JYJ dimulai pada bulan Mei 2009. JYJ sedang berpartisipasi dalam Tur Konser Tohoshinki (4TH Secret Code) di Jepang. Banyak laporan yang dikirim ke AVEX oleh para fans Jepang yang menyatakan, “Jika membeli kosmetik Crebeau, kami akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu TVXQ. Juga, orang tua dari personil TVXQ menjual kosmetik Crebeau di daerah-daerah dimana Tur Jepang sedang dilangsungkan.” SM pun memberitahu JYJ bahwa akan muncul sebuah masalah jika para member mengeksploitasi nama TVXQ ketimbang memperlakukan perusahaan kosmetik tersebut sebagai sebuah investasi finansial. 8 January 2009 JYJ menghadiri sebuah sesi penataran investasi yang diadakan di Cina. JYJ adalah CEO dari Crebeau.

Kedua belah pihak menyetujui panjangnya periode kontrak tersebut dengan motif finansial. Sebuah kontrak jangka panjang adalah penting bagi kestabilan aktivitas di luar negeri. SM menerima persetujuan dari orang tua JYJ. SM sudah mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh Fair Trade Commision.

Sistem pembagian pendapatan sebenarnya menguntungkan bagi JYJ. Karena SM adalah sebuah perusahaan yang terdaftar, SM telah merilis semua konten mengenai urusan finansial dan didapati tidak ada masalah. JYJ tidak pernah mempertanyakan hal kepada SM mengenai pembagian pendapatan dan perhitungan penyesuaian pajak mereka sampai pada saat mereka mengajukan tuntutan hukum.


JYJ :
Kontrak yang tidak adil. Tidak ada klausa pada kontrak tersebut yang melarang sang artis dari berinvestasi di bisnis lainnya. Tidak pernah ada sebuah contoh dimana aktivitas-aktivitas JYJ terhambat karena investasi mereka di Crebeau.

Meminta kepada pengadilan untuk membuat putusan terhadap keabsahan kontrak tersebut secepat mungkin dikarenakan karakteristik unik karir JYJ yang adalah selebritis. SM telah menyatakan bahwa telah memberikan uang lebih banyak kepada JYJ dibandingkan dengan apa yang dinyatakan dalam kontrak. Dengan melihat dari dokumen yang diterima hal ini tidaklah benar. Faktanya adalah, SM sebenarnya memberi JYJ uang lebih sedikit dari apa yang dinyatakan dalam kontrak. SM masih harus memberikan kepada JYJ 22,3 miliar Won lagi.

SM:
SM mengklaim bahwa pada tahun 2008, dari 14,7 miliar Won (sekitar 14,7 juta USD) yang didapat dari royalti tahun itu hanya 1 miliar Won (sekitar 1 juta USD) yang berasal dari TVXQ, dan sisanya berasal dari CSJH, BoA, Trax, dan Go Ara.
 

JYJ:

Alasan mengapa pendapatan TVXQ sangat kecil diduga bahwa pendapatan tersebut diakui sebagai beban overhead. Terbukti (dalam persidangan) bahwa apa yang SM akui sebagai beban overhead termasuk di dalamnya beban makanan ringan, biaya harian petinggi SM dan staffnya, biaya parkir, obat-obatan, makanan, transportasi (pesawat, mobil, dll), biaya sewa, biaya agen konser, pajak, dan beban lain yang seharusnya ditutup oleh SM.

Bahwa penjualan dari album Mirotic mencapai 480.000 kopi, SM seharusnya membayar para member sebesar 50 juta Won (sekitar
50.000 USD) namun belum dibayar karena album berikutnya belum keluar (SM membayar penghasilan dari penjualan suatu album pada saat album berikutnya keluar).


Complaint Against CreBeau Dismissed

Februari 2011, pengadilan memutuskan menutup gugatan kasus yang diajukan SM kepada CreBeau. Pengadilan menyebutkan bahwa meskipun JYJ menghadiri presentasi bisnis di Beijing, mereka tidak lebih dari investor biasa di perusahaan itu, bertentangan dengan apa yang telah diklaim SM Entertainment. Juga, bukti yang SM Entertainment sampaikan tidak menunjukkan bahwa perusahaan kosmetik tsb menggunakan hak publisitas JYJ.

link berita:

http://www.allkpop.com/2011/02/courts-rule-that-crebeau-was-not-responsible-for-jyjsm-dispute 
http://english.chosun.com/site/data/html_dir/2011/02/18/2011021801086.html
http://www.channelnewsasia.com/stories/entertainment/view/1111526/1/.html




End of The Lawsuit

Pada tanggal 28 November 2012 dilaporkan bahwa baik pihak SM Entertainment dan JYJ telah menarik semua tuntutan hukum yang ditujukan terhadap masing-masing pihak. Kedua belah pihak juga sudah membuat perjanjian tidak akan saling mengganggu atau menghalangi aktivitas masing-masing. Dengan ini, segala perselisihan hukum yang berlangsung selama 3,5 tahun akhirnya mencapai titik akhir. 

link berita:



Reasons Why JYJ Left SM

Setelah kasus ini secara hukum dinyatakan selesai, akhirnya JYJ secara personal mulai angkat bicara mengapa mereka keluar dari SM lewat majalah mereka "The JYJ". Jaejoong mengakui bahwa awal dari semua masalah karena isu mereka dengan perusahaan kosmetik dan merasa bahwa SM memperlakukan mereka seperti anak kecil. Junsu mengatakan bahwa pendapatan pribadi mereka tidak bertambah walaupun dengan iklan dan penjualan CD yang meningkat, juga masalah kontrak-13-tahun. Yoochun menambahkan, mereka berusaha memperbaiki sistem dan situasi di dalam perusahaan tapi kenyataannya hal tersebut tidak banyak berubah. 


link berita:

http://xportsnews.hankyung.com/?ac=article_view&entry_id=302031
http://www.allkpop.com/2013/02/jyj-explain-why-they-decided-to-leave-their-former-label
http://www.allkpop.com/2013/02/jyj-talk-about-their-frame-of-mind-4-years-ago
http://koreanindo.net/2013/02/28/jyj-menjelaskan-alasan-mereka-tinggalkan-mantan-agensi-sm-entertainment/


Fair Trade Commision, "SM Ent, Don't Obstruct JYJ's Activities!"

24 Juli 2013 FTC Korea memberikan pernyataan tegas menginstruksikan SM untuk tidak ikut campur dalam aktivitas JYJ. FTC memaparkan bahwa SM dan KFPCAI (lebih spesifik KEPA) terbukti melakukan sejumlah tindakan dalam menghalangi penampilan JYJ di TV. KFPCAI dan SM mengirimkan statement kepada Warner Music Korea, 3 stasiun TV besar, 6 stasiun TV kabel, 11 distributor album, dan 5 situs musik online untuk meminta mereka membatasi penampilan JYJ dan pendistribusian musik mereka. 

Statement/petisi yang dibuat SM & KEPA (KFPCAI)
English translation of the script above here.

Bukti SM telah menghalangi aktivitas JYJ seperti yang dilansir Palm News di sini.

link berita:





========================================================================

writer's note:
semua yang ditulis di atas adalah fakta seutuhnya. ada beberapa rumor atau opini yang berkembang selama gugatan kasus ini berlangsung tapi mungkin bukan itu poin yang mau gue share. dari semua fakta di atas kita semua bisa ngambil kesimpulan masing-masing lah yaaaa di mana letak salahnya siapa yang salah. i wont draw any opinion, i HAVE my own conclusion ^^ jujur agak sedikit kaget sih tiba2 aja kedua belah pihak batalin gugatan kan antiklimaks banget. gue maunya ada pihak yang disalahin karena pecahnya DBSK ini, entah SM entah JYJ.



Sedikit tambahan poin2 yang gak ke-share di atas:


1. TVXQ, History of 6 Years – It was a brutal drama

Bisa dibilang ini napak tilas derita/kesusahan/hardship-nya perjalanan karir TVXQ yang orang biasa mungkin gak engeh. Ini gue ambil dari jyj3 tapi kontennya gak bias kok, i mean di sini ngebahas TVXQ berlima. (note : keadaan dulu beda jauh sama keadaan sekarang dimana kalo sekarang kpop itu dikenal secara internasional -literally- dan bahkan rookie2 sekarang terkesan "dimanjain", beda sama jaman TVXQ dulu. walaupun TVXQ terkenal banget di Korea, Jepang, dan sebagian besar Asia, tapi international fans masih belum engeh sama kpop secara general. jadi mungkin, menurut gue, inilah kenapa TVXQ sukses besar2an + penderitaannya juga... /sigh/ karena emang pada waktu itu cuma ada TVXQ yang bener2 sukses. okelah 2008 ada Big Bang, SJ, SNSD tapi apa mereka dulu sesukses sekarang, di korea dan internasional? no. bahkan SJ baru booming pas 2009, dan sebelum 2008 grup mana yang sukses besar2an selain TVXQ? nope.)
 
2. Mungkin ada yang penasaran apa itu "The Controversial 6.25 Meeting" (via. true tvxq) atau Regarding 623, 625, and “Forever (via. jyj3)?

3. Gimana reaksi fans waktu itu?


4. Nasib fansites (via. truetvxq) (via. jyj3) gimana? :P atau coba baca yang ini "An Official Announcement of TVXQ Korean Fancafe" (via. jyj3) part 1 | part 2


5. Jaejoong was contacting yunho after the lawsuit? 


6. Only JYJ attended MAMA 2009 instead of 5 TVXQ?


7. Ada apa dibalik misi "bunuh JYJ"?


8. Ini mungkin agak kurang relevan sih, tapi lumayan buat baca-baca, tentang sasaeng fans-nya TVXQ. (gak tau juga ini bener 100% atau enggak)


9. Nah ini nih yang menarik, must read : "Who is 'Forever'" (via. truetvxq part1 | part2) (via. jyj3 part1-4
)


just sharing ^^ mungkin sementara cuma ini yang bisa gue paparin, nanti kalo ada tulisan yang perlu ditambah pasti diupdate deh atau ada yang mau rekomen artikel berita lebih bagus ;)




source:
daum
chosun
allkpop
soompi
yeppopo
channelnewsasia
tohosomnia.net
thejyjfiles 
jyj3.net
http://truetvxq.blogspot.com/p/roadmap-to-truth.html
http://vlika-favorites.blogspot.com/2011/02/kilas-balik-kasus-antara-sm.html
http://jyjindonesia.wordpress.com/2012/03/13/trans-misi-bunuh-jyj-dengan-tiga-langkah-disertai-dengan-fakta/

 

Comments